HOME
FREE SOFTWARE | ABOUT | SEARCH
Home /

Cara Shutdown Under Maintenance Web Server Yang Baik

Gimana Cara Shutdown Under Maintenance Web Server Yang Baik
Pada kondisi tertentu misalnya: perubahan sistem yang cukup besar, migrasi data, penambahan hardware, dsb. Seringkali kita tidak dapat menghindari pilihan harus mematikan shutdown web server untuk maintenance. Jika proses shutdown maintenance ini singkat maka tidak jadi masalah. Kita cukup tampilkan pesan "Under Maintenance" saja.

Tapi jika proses shutdown cukup lama sebaiknya (sangat disarankan) kita juga beritahu search engine tentang kondisi ini. Berikut penulis share tips pemrograman cara shutdown under maintenance web server yang baik.

HTTP STATUS CODE 503

Ada banyak pilihan HTTP status code. Kita bisa lihat daftar selengkapnya disini: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_HTTP_status_codes

Untuk shutdown server sementara (temporary) kita gunakan HTTP status code 503. Berikut contoh implementasi code PHP nya:





Retry-After dalam satuan detik. Pada contoh code diatas kita ingin beritahu search engine bahwa server akan di shutdown selama kurang lebih 1 (satu) jam.


PESAN UNDER MAINTENANCE

Ok search engine sudah diberitahu. Tapi user belum tahu #smile. Selanjutnya tinggal kita gabungkan dengan pemberitahuan "Under Mainteance". Bebas sesuai kreatifitas kamu bisa tampilkan gambar yang bagus atau merubah pesan teks pemberitahuan nya.

Berikut contoh code PHP dan teks pesan under maintenance sederhana:


 












Source code diatas bisa kamu download disini: 503.php


SELESAI? JANGAN LUPA DI TEST

Selesai kita coba test apakah sudah tampil dengan benar. Untuk HTTP status code nya sendiri karena memang tidak tampil di web browser (tidak terlihat mata). Harus kita check dengan tools khusus. Penulis biasa gunakan tools online berikut ini web-sniffer.net atau urivalet.com untuk memastikan apakah HTTP status code nya sudah benar 503.


Demikian tips singkat gimana cara shutdown under maintenance web server yang baik. Semoga bisa bermanfaat. Jika kamu tertarik dengan tips teknologi informasi dan pemrograman silahkan subscribe (artikel terbaru bisa juga kamu baca via email) di rss feeds gimana cara. #happy-coding

0 comments:

Poskan Komentar

 
© Creative Commons 2010 | Template created by: Plantilla Quo creada por Ciudad Blogger