HOME
FREE SOFTWARE | ABOUT | SEARCH
Home /

Cara Supaya Google AdSense Disetujui/Approve

Google AdSense Approved
Setelah sekian lama menanti, dan sekian kali di reject akhirnya account Google AdSense penulis di approve juga. Dan minggu kemarin sudah bisa tampil di blog ini.

Dulu, waktu beberapa kali coba ajukan dan ditolak penulis sempat bingung juga. Ini salah apa ya? Mau tanya siapa ya? Jelas bingung tidak ada yang bisa bantu. Ditambah lagi email penolakan dari Google itu isinya sangat general (umum) dan tidak spesific menjelaskan apa kesalahan kita. Asli #geje =(

Pada kesempatan ini penulis akan bagikan tips pengalaman cara supaya Google Adsense disetujui/approve. Mungkin kasusnya tidak persis 100% sama. Tapi tidak ada salahnya pembaca lihat beberapa kesalahan dan perbaikan-perbaikan yang penulis lakukan. Karena mungkin saja ada beberapa hal yang bisa jadi bahan evaluasi masukan bagi pembaca.

APA ITU GOOGLE ADSENSE?

Untuk pembaca yang belum tahu. Google Adsense adalah program kerjasama iklan dari Google. Kita sebagai pemilik blog atau website (selanjutnya disebut sebagai: "Publisher") bisa mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang di klik pengunjung.

Warning: Jangan klik iklan yang tayang di blog atau website kita. Bisa kena hukuman (banned).

CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE?

Penulis belum coba jenis-jenis Google Adsense yang lain. Ada banyak seperti: Google Adsense for Video (YouTube), Games, Mobile dan Custom Search.

Untuk artikel ini penulis fokus membahas satu jenis saja yaitu: menjadi publisher Google Adsense for content. Dengan salah satu syarat utamanya adalah kita harus punya blog dan website terlebih dahulu.

Bagi yang sudah punya blog atau website bisa langsung daftar melalui link: https://www.google.com/adsense

Tips: Ada banyak pilihan bloging platform. Untuk pemula dan baru belajar penulis sarankan sebaiknya jangan gunakan Wordpress. Perlu pembaca ketahui bahwa Wordpress itu ada dua jenis: gratis dan berbayar. Nah Wordpress gratis itu TIDAK BOLEH kita pasangi iklan. Kalau yang berbayar sih bebas boleh dipasangi iklan.

BERAPA PENDAPATAN GOOGLE ADSENSE?

Duh, karena baru tampil minggu lalu. Penulis belum tahu juga berapa penghasilan dari program Google Adsense ini. Selain itu kita sebagai publisher diikat pernjanjian tidak boleh memberi tahu berapa besar pendapatan kita.

Feeling penulis sih tidak seberapa banyak kayaknya. Enam bulan bisa untuk beli semangkok pangsit kali ya? Entahlah.. He.he..

SUDAH DAFTAR GOOGLE ADSENSE KOK DITOLAK TERUS?

Nah ini dia masalahnya. Tidak mudah untuk di approve atau diterima dalam program Google Adsense. Bahkan dari infographic ini tahun 2013 Google pernah melakukan blacklist 200,000 publisher dan menolak 3,000,000 aplikasi baru. Luar biasa sulit juga :&

Cara Supaya Google AdSense Disetujui/Approve


Berikut checklist hal-hal apa saja yang harus disiapkan:

IKUTI PERATURAN

Berikut panduan dan peraturan (penting!) yang harus dipatuhi seorang calon publisher Google AdSense:
- Google AdSense Program Policies
- Webmaster Guidelines

Ada banyak jenis content artikel dan gambar yang dilarang. Seperti tidak boleh menampilkan gambar yang berbau p*rnografi, menulis artikel yang melanggar hak cipta (copyright), dsb. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada dua link peraturan diatas.

JUMLAH ARTIKEL CUKUP? ORIGINAL?

Pada saat disetujui blog ini sudah ada 26 article. Semua article original buat sendiri. Kecuali satu halaman Privacy Policy yang penulis buat dengan tools generator gratis di internet. Sangat tidak disarankan untuk melakukan COPAS (copy-paste) article dari website atau blog lain.

Ini peringatan tentang artikel harus original dari email penolakan Google Adsense:
Situs yang menayangkan iklan Google harus menawarkan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus memberikan konten unik dan relevan yang memberikan kepada pengguna alasan untuk mengutamakan kunjungan ke situs Anda.

Dan:
Jangan letakkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis dengan sedikit atau tanpa konten asli. 

NAVIGASI MENU

Di menu atas penulis tambahkan halaman HOME untuk navigasi ke halaman depan. Dan halaman SEARCH untuk membantu user mencari artikel. Penulis buat halaman ini atas tafsir mimpi email penolakan Google Adsense berikut ini:
Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari.

HALAMAN CONTACT

Penulis lihat kebanyakan blog punya dua halaman CONTACT dan ABOUT. Karena malas buat dua penulis akhirnya putuskan cuma buat satu halaman ABOUT saja. Penulis cantumkan alamat email yang jelas. Terus buat link di menu atas. Beres (y)

ADA PRIVACY POLICY?

Ini penting harus ada! Karena memang tidak paham tentang hukum penulis coba buat content untuk halaman PRIVACY POLICY dengan free tools dari internet. Nanti pada kesempatan berikutnya penulis akan share lebih rinci.

SUDAH PERNAH BUAT ACCOUNT ADSENSE?

Dulu sekitar tahun 2007 (kalau tidak salah) penulis memang pernah buat account Google AdSense. Untuk ditampilkan di website perusahaan teman. Terus karena waktu itu Indonesia belum di support untuk tujuan pengiriman cheque AdSense terpaksa menggunakan alamat kantor teman di Singapore.

Baru jalan beberapa bulan, karena satu dan lain hal iklan Google AdSense akhirnya tidak jadi dipasang di website itu. 

Karena sudah tidak digunakan. Terus penulis coba login dan ganti "negara"-nya agar uang bisa dikirim ke Indonesia. Ternyata tidak bisa. Tidak boleh ganti mas bro!

Akhirnya penulis buat account Google AdSense baru. Dengan alamat baru di Indonesia. Entah mungkin Google sepertinya tahu adanya dua account AdSense ini. Ada peraturan: satu orang hanya boleh punya satu account Adsense =(

Solusinya? Penulis delete Google AdSense yang pertama (alamat Singapore). Beres (y)

JANGAN LUPA PASANG CODE!

Ada dua tahap pengajuan Google Adsense. Tahap pertama aplikasi kita akan di verifikasi dahulu (kalau tidak salah tahap ini sekitar satu minggu lamanya). Jika kita lolos tahap pertama; saat kita masuk ke website Google Adsense akan muncul tulisan alert merah dibagian atas seperti ini:

Google AdSense Alert

Tulisan alert di Google Adsense:
Your application for website.com is under review. You'll only see blank ads until your account has been fully approved.

Nah jika sudah muncul alert seperti ini artinya kita sudah masuk tahapan kedua. Selanjutnya kita harus pasang code Google AdSense di blog kita (walaupun memang tidak ada iklan yang tampil).

Karena tidak paham, dulu penulis diamkan satu bulan tidak pasang code ini. Baru belakangan penulis tahu kalau code ini memang harus dipasang. Pantesan kok ditunggu-tunggu sebulan ga di approve X_X

Setelah kita pasang code Google AdSense di blog selanjutnya kita harus tunggu lagi sekitar dua sampai tiga minggu.

Tentang tahapan registrasi adsense lihat:
Adsense Registration Process

Alternatif Google Adsense


Untuk pembaca yang masih menunggu Google Adsense-nya diproses sebetulnya ada pilihan altenatif lain seperti: Chitika

Penulis pernah coba gunakan. Lebih mudah dan langsung disetujui (approve). Tidak perlu tunggu lama lagi. Cuma memang pendapatan-nya lebih kecil dari Google Adsense. Well, dari pada tidak ada pendapatan sama sekali, ya lumayan lah :)

PENUTUP

Semoga kiranya artikel dari pengalaman pribadi penulis ini bisa berguna bagi pembaca. Dan semoga kiranya pendaftaran Google Adsense pembaca sekalian bisa lancar cepat disetujui/approve (y)

24 comments:

Glenn S mengatakan...

@wahyu : sama-sama.. Semoga sukses berhasil di approve adsense nya (y)

varshow mengatakan...

gan ane buat website pake domain sendiri tapi pake template wordpress, bisa gak diterima adsense?

Glenn S mengatakan...

@varshow : Di Wordpress kalau kita beli domain dan hosting sendiri boleh pasang AdSense -tentang template Wordpress tidak ada pengaruh (y)

Jun mengatakan...

Nice info. Ane mau coba juga ah gan. Semoga dehh pasang adsense diterima Google, amiin :)

Muhsin Alhasani mengatakan...

pantes aja blog ane ampe sekarang gak di approve.. :D
makasih gan..

Jacke_Cyber4rt Crew mengatakan...

makasih mas ilmunya.. pantesan punya saya sudah hampir 2 bulan ko masih tulisan, "Your application for website.com is under review. You'll only see blank ads until your account has been fully approved"
:)
oke ane coa gan..
thx bgt pokoknya (y)

ziuma mengatakan...

dulu saya sempat punya google adsense, tetapi karena emailnya hilang (jadi akun saya hilang).

sekarang daftar lagi terus ditolak. pengen nangis.....

Diky Irwansyah mengatakan...

Thank's Banget gan. Sangat membantu :) (Y)

joseph guardiola mengatakan...

Saya masih nunggu tahap ke 2 ini
mohon doa restunya

Fuadi Mukhlis mengatakan...

thanks infonya, ternyata sudah hampir dua minggu saya tunggu di email tidak ada, setelah login ke adsense, sudah welcome.. cuma ya harus pasang iklan kosong.. yup untung diingatkan, kalau tidak sama seperti agan yang hampir sebulan :-) Ya, mudah-mudahan ane juga di approve untuk step yang kedua ini.. sekali lagi makasih gan infonya, semoga earning agan berlimpah..

Just Call boim mengatakan...

makasih gan infonya, mau tanya gan kira2 blog ane bisa di approve ga yach. mohon pencerahannya. http://www.mykaylila.com. ditunggu infonya gan

Shahibullah Rizki Nadia mengatakan...

sedikit informasi gan ,, kalau mau punya 2 akun bisa-bisa saja,
syaratnya jangan daftar dengan perangkat yang sama, lalu alamatnya jangan terlalu disamakan, alias di ubah sedikit

rahmat saputra mengatakan...

mas glenn sudah lebih dari satu minggu, kok blog saya belum di approve. sebenarnya berapa lama kita harus tunggu. dan blog saya sendiri baru tahap satu

Glenn S mengatakan...

@rahmat sabar tunggu mas tahap satu kurang lebih seminggu harusnya sudah di approve. Posting artikel nya sudah cukup kan? Dulu sih saya buat sampai 26 artikel, belum tahu juga kalau kurang dari itu :)

Eddy Elly mengatakan...

makasih infonya...ane masih menunggu tahap ke2,,smoga lancar :)

Roli Supiawan mengatakan...

makasih infonya gan. saya juga baru daftar di adsense, semoga aja blog saya di approve amiiin. :)
cek blog saya gan terimakasih...

Kang Jeje mengatakan...

Saya belum tahu ilmu untuk jadi blog bagus...tapi kalu blog kita ada adsense nya, adalah sebuah kebanggan juga...jadi pengen bisa jadi penayang adsense

Glenn S mengatakan...

@kangjeje sabar dan sambil iseng saja mas. jangan dijadikan target. karena pendapatan dari google adsense itu tidak terlalu banyak

UNGGUL ARIF mengatakan...

Saya sudah daftar adsense dan sedang menunggu persetujuan,semoga saja sih di setujui.

Dany Pratama mengatakan...

Semoga punya saya di approve gan, kmren baru pasang 2 hari. Sukses buat kalian semua!

Hardy Nugraha mengatakan...

Makasih mas semoga saya juga diterima setelah beberapa kali di tolak

Bagas Baper mengatakan...

bagus artikelnya...
oh ya bang artikel yang kita publikasikan harus banyak ya biar e mail kita di aprove ??

Poskan Komentar

 
© Creative Commons 2010 | Template created by: Plantilla Quo creada por Ciudad Blogger