HOME
FREE SOFTWARE | ABOUT | SEARCH
Home /

Cara Mematikan (Turn Off) Captcha Di Komentar Blog

Cara Mematikan (Turn Off) Captcha Di Komentar Blog
Posting blog cuma sedikit yang komentar? Ada banyak faktor penyebabnya. Salah satunya mungkin karena posting komentar di blog kita itu sulit. Apa iya? :&

Saat kita pertama kali membuat blog (blogger atau blogspot). Ada sebuah setting: "Word Verification" yang secara default statusnya aktif. Jika aktif maka setiap kali pengunjung ingin memberikan komentar harus terlebih dahulu melakukan input "Captcha". Jika salah input maka posting ditolak.

Dengan adanya proteksi Captcha ini para pengunjung (secara psikologis) sedikit banyak tentu akan merasa segan memberikan komentar.

     "Malas ah... ribeet banget sih.." >:/

Tidak dapat disalahkan juga jika pemilik blog tidak sadar hal ini. Pertama, karena setting feature ini memang tidak terlihat jelas (karena ada di dalam sub menu).

Kedua, karena kita sebagai pemilik blog (sebagai admin blog) tuh tidak perlu melakukan input Captcha setiap kali ingin posting atau reply sebuah komentar (feature ini tidak aktif untuk pemilik blog). Singkatnya: Pemilik blog tidak tahu kalau pengunjung-pengunjung blog nya jika posting komentar tuh sulitnya minta ampun X_X

Bagi para pembaca -khususnya pemilik blogger atau blogspot- yang ingin mematikan atau menyembunyikan feature Captcha (atau Word Verification) di komentar blog-nya. Serta meningkatkan jumlah komentar yang masuk silahkan lihat panduan dibawah ini.


SEKILAS, UNTUK APA SIH CAPTCHA?

Alasan proteksi CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) diciptakan adalah untuk memastikan bahwa benar manusia dan bukan bots (program yang di otomasi) yang melakukan interaksi dengan sebuah website/aplikasi.

Tujuan adanya Captcha atau Word Verification di komentar blog adalah untuk mengurangi jumlah spam yang masuk. Jika feature ini kita matikan maka akan timbul satu efek negatif: akan ada komentar spam masuk :(

Jadi kita sebagai pemilik blog jangan asal matikan feature ini. Tapi juga harus tahu dan bisa antisipasi efek negatif yang ditimbulkan. Keduanya akan penulis jelaskan dibawah ini.


CARA MEMATIKAN (TURN OFF) CAPTCHA

1. Dari blogger dashboard pilih menu Settings. Lalu pilih Posts and comments

Cara Mematikan (Turn Off) Captcha Di Komentar Blog

2. Berikut beberapa setting yang perlu di ubah untuk mematikan feature Captcha. Serta sekaligus mengantisipasi efek komentar spam yang mungkin ditimbulkan.
  • Comment Location : Embedded
  • Who can comment : Anyone
  • Comment Moderation : Always
  • Show word verification : No
  • Show backlinks : Hide


PERIKSA KOMENTAR YANG MASUK

Selanjutnya kita bisa check, approve (setujui) atau delete (hapus) setiap komentar yang masuk.

Untuk melihat komentar baru yang masuk. Dari blogger dashboard pilih menu Comments. Lalu pilih Awaiting moderation

Cara Mematikan (Turn Off) Captcha Di Komentar Blog


PENUTUP

Semoga panduan singkat ini bisa berguna bagi pembaca. Dan semoga dapat juga bantu meningkatkan jumlah interaksi komentar yang masuk di blog pembaca \m/


Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/CAPTCHA
- http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_bot

0 comments:

Posting Komentar

 
© Creative Commons 2010 | Template created by: Plantilla Quo creada por Ciudad Blogger