HOME
FREE SOFTWARE | ABOUT | SEARCH
Home /

Cara Buat Tools Monitoring Website Down (Kirim SMS/Email Otomatis)

kirim sms/email otomatisDulu di kantor tempat penulis kerja it ada website perusahaan yang kita taruh di hosting berbayar. Mungkin karena hosting nya yang murah biasa-biasa aja pernah kejadian website itu down beberapa minggu tanpa ada yang tahu. Itupun baru tahu pas admin di kantor tanya kok tumben sepi banget ga ada email telephone masuk. :&

Website itu kebetulan PageRank nya lumayan tinggi. Dapat PR 6 kalau ga salah :P. Mungkin karena beruntung bisa masuk di DMOZ tahun 2001-2002. Kejadian web server down ini sekitar tahun 2006. Dilalahnya pas banget domain nya hampir expired (tinggal beberapa minggu lagi). Terus problem jadi merembet website di delete oleh admin DMOZ geje dari listing mereka. Sudah coba di complaint lewat forum, terus coba di daftarin masuk lagi ga bisa-bisa. Ya sudahlah.. Nasib.. He.he..

Notes: DMOZ sekarang parah. Admin moderasi nya berantakan. Sudah tidak mungkin website indonesia bisa daftar baru masuk lagi disana. DMOZ sucks (n)

Singkat kata website down jelas bikin masalah. Dan tidak semua orang punya banyak waktu untuk selalu check pantau website tiap hari kan? Kalau seperti blog ini yang gunakan fasilitas infrastruktur google (blogspot) sih ga perlu pusing. Penulis yakin ga bakal down lah. Tapi kalau hosting "biasa" jelas beda harus sering-sering dipantau.

Itu cerita dulu. Sekarang nih ada website baru lagi. Penulis awalnya ingin pakai jasa khusus di internet untuk pantau website down. Jadi website kita akan di monitor secara rutin. Umpama down akan dikasih tahu via sms atau email. Biar deh bayar tiap bulan (asal terjangkau) ga apa.

Hasil cari-cari di internet eh penulis malah ketemu satu cara yang gratis: bisa pakai Google Docs. Berikut langkah dan cara setup nya:

1. HARUS PUNYA ACCOUNT GOOGLE+
  • Karena menggunakan Google Drive dan Google Docs kita harus register dan login dengan account Google+ terlebih dahulu.

2. COPY GOOGLE DOCS
  • Pada layar pertanyaan: Make a new copy of this document? Kita pilih: Yes, make a copy


3. ISI ALAMAT WEBSITE, EMAIL DAN SMS
  • Selanjutnya kita daftarkan: Alamat Website dan Email pada kolom yang sudah disediakan.
  • Jika ingin terima SMS notifications kita ketik Yes


4. INITIALIZE SCRIPT
  • Dari menu pilih Website Monitor -> Step 1: Initialize

  • Pada layar Authorization Required kita pilih OK
 
  • Pada layar konfirmasi akses Google Calendar kita pilih OK

  • Pada layar Authorization Status pilih Close

5. START SCRIPT
  • Dari menu pilih Website Monitor -> Step 2: Start
 

Selesai. Website yang kita daftarkan akan otomatis di pantau check setiap 5 menit. Untuk tutorial dan referensi selengkapnya (dalam bahasa Inggris) silahkan lihat langsung di website yang membuat tools keren ini: http://www.labnol.org/internet/website-uptime-monitor/21060/

Pada kesempatan berikutnya penulis akan coba share tips gimana cara ganti waktu check yang standard 5 menit itu supaya jadi 1 jam. Ini cuma bisa dilakukan dengan modifikasi source program/script nya.

Jangan lupa kunjungi lagi blog ini. Terima kasih.

Lihat juga:
Cara Ganti Waktu Tools Website Monitoring (Lanjutan..)

1 comments:

Poskan Komentar

 
© Creative Commons 2010 | Template created by: Plantilla Quo creada por Ciudad Blogger