HOME
FREE SOFTWARE | ABOUT | SEARCH
Home /

Cara Buat Akses Tor Browser Lebih Cepat

Cara Buat Akses Tor Browser Lebih Cepat
Terkait artikel sebelumnya Cara Buka Situs Website Yang Diblokir Nawala (It Works!) kali ini penulis akan share tips tentang gimana cara membuat akses Tor Browser supaya lebih cepat.

Selengkapnya silahkan simak artikel berikut ini.

SEKILAS TENTANG TOR BROWSER

Tor Browser adalah bagian dari Tor Project. Sesuai informasi di website nya bisa diketahui aplikasi ini digunakan oleh aktivis, media, penegak hukum bahkan institusi militer terutama untuk melindungi anonymity di internet.

Secara singkat prinsip kerjanya akses internet kita akan di relay dan distribusikan melalui banyak komputer yang terhubung di Tor Network.

Tor Network

Jadi jangan heran kalau kecepatan aksesnya menjadi sedikit lembat. Dan inilah kenapa situs website yang diblokir tuh bisa dengan mudah dibuka.

CARA BUAT AKSES TOR BROWSER LEBIH CEPAT

Saat kita menginstall Tor Browser secara default akan terinstall juga dua add-ons berikut: HTTPS-Everywhere untuk mengarahkan kita agar mengakses versi SSL suatu website. Dan NoScript untuk mematikan feature javascript.

Kedua add-ons ini tujuannya baik untuk proteksi user. Tapi akibatnya akses website (yang sudah lambat) akan jadi lebih lambat lagi karena harus membuka versi SSL. Dan akan banyak juga website tidak bisa dibuka karena javascript-nya sudah dimatikan.

Supaya akses bisa sedikit lebih cepat dan kita bisa buka website dengan javascript. Biasanya setelah aplikasi Tor terinstall penulis akan matikan dua feature add-ons diatas. Berikut caranya:
  • Click pada menu Tor Browser. Lalu pilih Add-Ons

  • Akan tampil layar Add-Ons. Selanjutnya kita click tombol Disable add-ons HTTPS-Everywhere dan NoScript

  • Terakhir tutup dan buka kembali Tor Browser.

PENUTUP

Penulis tidak rekomendasikan pembaca untuk menggunakan Tor Browser mengakses situs website yang membutuhkan input data pribadi, email dan password (seperti facebook, twitter, dsb). Apalagi untuk website yang mengharuskan kita melakukan input data credit card (contoh untuk belanja online).

Karena kita tidak tahu pasti siapa pemilik komputer-komputer relay di Tor Network. Bisa saja dan tidak menutup kemungkinan data akan disadap oleh pemilik komputer relay.

Untuk informasi berikut artikel itworld.com terkait concern security Tor: Has Tor been bugged by the NSA

Namun kita juga tidak perlu terlalu khawatir. Selama kita tidak melakukan input data-data pribadi, email, password atau credit card saat menggunakan Tor maka menurut penulis akan aman-aman saja.


Lihat juga artikel:
Cara Buka Blokir Website Situs It Works Di Android


Referensi:
- Wikipedia: Tor (anonymity network)
- TorProject.org

2 comments:

Tarno mengatakan...

Ya pakai ini jadi lumayan cepat sih =)

arek Sidoarjo mengatakan...

wahh....joss gandoss...top markotop....

Poskan Komentar

 
© Creative Commons 2010 | Template created by: Plantilla Quo creada por Ciudad Blogger