HOME
FREE SOFTWARE | ABOUT | SEARCH
Home /

Cara Nelpon Gratis Menggunakan BBM Voice

Cara Telpon Gratis Menggunakan BBM Voice
Era nelpon gratis saat ini sudah hadir, tersedia di depan mata dan bukanlah hayalan lagi. Salah satunya dengan mudah bisa kita temukan pada aplikasi BBM (Blackberry Messenger) dengan feature terbarunya: BBM Voice.

Dengan basis teknologi VOIP (Voice Over Internet Protocol) kita bisa melakukan pembicaraan telephone melalui jaringan internet.

Penghematan dan manfaat dari telephone melalui jaringan internet ini akan lebih terasa jika kita melakukan panggilan telephone interlokal atau jarak jauh (antar daerah atau antar negara). Karena jelas tarifnya akan lebih murah, bahkan bisa dibilang gratis (notes: tergantung cara kita memanfaatkan feature ini lihat di artikel selengkapnya).

Pada kesempatan ini penulis akan share panduan cara menggunakan BBM Voice. Juga cara konfigrasi dan setup BBM Voice di perangkat Android dan IPhone.

Sebelum Menggunakan BBM Voice


Sebelum menggunakan BBM Voice sebaiknya check dahulu apakah kita sudah menggunakan aplikasi BBM versi terbaru. Melalui website BBM kita bisa download dan install sesuai jenis handphone yang kita gunakan (Android atau IPhone). Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi dan download melalui link berikut ini: http://www.bbm.com

Setup BBM Voice


Salah satu syarat untuk bisa dengan lancar melakukan panggilan atau menerima panggilan telephone melalui BBM Voice adalah tersedianya akses jaringan internet yang cukup cepat dan stabil. Secara default koneksi yang disediakan adalah melalui internet jaringan WIFI.

Alternatif dari jaringan WIFI kita bisa juga gunakan jaringan internet dari provider telekomunikasi (Indosat, XL, 3, Telkomsel, dsb) sesuai jenis kartu yang kita gunakan. Dengan catatan setiap kali kita melakukan atau menerima panggilan telephone maka quota paket data internet kita akan digunakan dan berkurang (terpakai).

Cara mengubah koneksi BBM Voice agar menggunakan jaringan internet dari provider telekomunikasi (mobile networks):

1. Dari halaman awal BBM click icon More di sebelah kanan.

Cara Telpon Gratis Menggunakan BBM Voice

2. Lalu pilih Settings.
Cara Telpon Gratis Menggunakan BBM Voice

3. Aktifkan pilihan Allow BBM Calls Over Mobile Networks.

Cara Telpon Gratis Menggunakan BBM Voice

Setup Microphone (Khusus IPhone)


Untuk  pengguna IPhone kita terlebih dahulu harus berikan akses Microphone untuk aplikasi BBM Voice. Berikut caranya:

1. Buka Settings. Lalu pilih Privacy.

Cara Telpon Gratis


2. Selanjutnya pilih Microphone.

Cara Telpon Gratis


3. Aktifkan akses Microphone untuk aplikasi BBM.

Cara Telpon Gratis

Cara Menggunakan BBM Voice


Untuk melakukan panggilan telephone buka aplikasi BBM. Lalu pilih contact. Selanjutnya click pada icon telephone seperti pada gambar dibawah ini.


PENUTUP

Nelpon gratis sekarang ini bukan hayalan. Jika kita melakukan panggilan telephone menggunakan jaringan internet WIFI dari cafe atau dari tempat-tempat yang menyediakan akses internet gratis tentu kita tidak akan dibebani pulsa alias gratis.

Sedangkan jika kita menggunakan jaringan internet dari provider telekomunikasi (mobile network) sedikit banyak tetap akan mengurangi quota pulsa data internet kita. Namun jika kita hitung-hitung lagi harusnya tetap lebih murah ketimbang kita telephone dengan cara biasa melalui handphone.

Akses internet di Indonesia saat ini memang masih kurang bagus dan belum merata. Tapi jangan khawatir kedepannya pasti akan lebih baik dan lebih murah. Kok bisa? Karena untuk tetap survive mereka -provider telekomunikasi- harus terus berlomba meningkatkan kualitas jaringan dan menawarkan harga yang lebih murah. Atau kalah dalam persaingan dan ditinggal pelanggannya =)

Penulis ingat 14 tahun lalu hanya ada beberapa pilihan internet provider. Waktu itu, pernah untuk hal-hal terkait kerjaan penulis terpaksa harus sering mengakses internet dari rumah. Beberapa jam setiap hari selama sebulan penuh. Berapa tagihan internet bulanannya? Jutaan! Bandingkan dengan sekarang. Di tahun 2014 ini dengan lima puluh ribu sudah bisa mengakses internet dengan quota 2 Giga. Terus bagaimana masa yang akan datang? Tarif internet pastinya akan turun lagi. Akhirnya mungkin cuma sepuluh ribu per bulan :D

Cepat atau lambat pasti terjadi. Seperti halnya SMS yang mulai disingkirkan, kita akan beralih menggunakan telephone melalui internet.


Image credits from: flickr

5 comments:

Posting Komentar

 
© Creative Commons 2010 | Template created by: Plantilla Quo creada por Ciudad Blogger